Ekotoksikologi ( kuliah 14 sept 2011 ) Wahyu Wijayanto

Polutan dilingkungan perairan 

Ekosistem perairan merupakan ekosistem yang sangat beranekaragam. Sifat mudah rusaknya ekosistem perairan tergantung pada :

1. Sifat fisik dan kimiawi perairan.

2. Konsentrasi dan jumlah polutan yang masuk kedalam ekosistem perairan.

3. Lamanya polutan didalam ekosistem dan jenis polutan.

4. Runoff dan fiusing akibat adanya pasang surut.

5. Lokasi ekosistem.

6. Kadang-kadang sulit untuk dimengerti.

Limbah pemukiman

– Berbagai limbah organik dan anorganik, dari komersial dan domestik.

Limbah Industri

– Limbah organik dan anorganik, logam, pestisida

Limbah nuklir

–  Radionuklida

Runoff

– Pestisida, leaching pupuk

Dari udara

– Presipitasi, penggunaan biosida,penyemprotan,debu

Pembuangan ke laut

– Radiochemical, B3 ( Bahan Beracun dan Berbahaya )

Bahan pencemar organik terdiri dari :

Organik compound

Chemical having to do with compound, containing carbon

Bahan organik didalam perairan bersifat :

1. Sukar/ tidak dapat diuraikan secara alami.

ex : Lignin, chlorinated hydrocarbon etc.

2. Mudah/dapat diuraikan secara alami.

Ex : Carbohydrate

 

Tipe pengurai bahan organik.

1. Oleh kondisi alami

sering disebut “aging” ( peluruhan )

Fotodegradasi,hidrolisis

 

2. Oleh biota

sering disebut biodegradasi

– kondisi aerob maupun anaerob.

 

B3 ( bahan beracun dan berbahaya )

suatu zat dapat dinyatakan sebagai bahan beracun dan berbahaya, apalagi memiliki sifat :

1. Mudah meledak.

2. mudah terbakar.

3. korosif.

4. Reaktif.

5. Beracun.

6. Menyebabkan infeksi.

” Pengindraan Jauh Kelautan ” ( kuliah 12 Sept 2011 )

Pokok bahasan :

1. Dasar fisika pengindraan jauh.

2. Sistem pengindraan jauh.

3. Pengindraan jauh photografik.

4. Pengindraan jauh non photografik.

5. Interpretasi citra.

6. Peralatan pengolahan interpretasi citra.

7. Pra pengolahan data.

8. Klasifikasi citra digital.

9. Modul perangkat lunak interpretasi citra digital

Pengertian pengindraan jauh.

Pengindraan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah atau gejala dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan suatu alat ( sensor ) tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah, dan gejala yang dikaji. * lillesand and Kiefler 1999

Interpretasi citra adalah kegiatan mengkaji foto udara dengan maksud untuk mengidentifikasi objek.

Manfaat penggunaan pengindraan jauh :

1. Pemetaan permukaan bumi baik darat maupun perairan.

2. Penentuan jenis objek atau fitur permukaan bumi serta kualitas dan kuantitas objek tersebut.

3. Mengetahui distribusi objek atau fitur berdasarkan ruang dan waktu.

4. Memahami hubungan antara ruang dan waktu.

1839               : diciptakan pemotretan ( photography )

1910 – 1920 : Penelitian awal interpretasi photo.

1920 – 1950 : Pengembangan pemotretan udara.

1934                : Pengembangan radar untuk keperluan militer.

1940                : Penciptaan pemotretan berwarna

– Non Visible / infra merah.

1950                : Pengembangan lanjutan pemotretan Non Visible.

1962                :  The term ” Remote Sensing ” appeared.

1972                : Pelancaran landsat 1 awalnya bernama ERTS – 1.

1982                : Generasi kedua sensor landsat : thematic mapper.

1986                : Francis, spot -1 High Resulution Yisible Sensors, MSS, TM, HRY digunakan untuk pengumpulan data dengan area luas seluruh dunia.

” About one hundred women ” ( the men please enter )

1. Saat wanita menangis, itu bukan berarti dia tak berusaha menahannya tapi dia sudah tak bisa untuk menahannya.

2. Cewek lebih make perasaan daripada logika.

3. paling sebel klo cowo lebih mentingin futsal di banding kita .akakwkakwk ( gw bgt )😛 klo cewe’a sebel lo ajak tanding futsal aja.hehe

4. cewe selalu merhatiin berat badannya. Turun 1 kg aja girangnya minta ampun.

5. wanita yang baik tidak pernah menuntut banyak kecuali pengertian.

6. cewe risih sama jerawat. Apalagi klo jerawatnya merah trus gede.

7. Mengapa wanita menangis? Karena wanita juga seorang manusia yang memiliki perasaan.

8. rata-rata kalo cewek lagi cemburu itu cuma bisa nangis sendiri.

9. cewe paling sebel sama cowo yang ga inisiatif.

10. cewek gak suka di kasarin.

11. Wanita butuh ketegasan dari seorang laki-laki.

12. cewek suka lirik lirik cowo ganteng.

13. Semua wanita menginginkan pria yang mencintai mereka sepenuh hati.

14. cari perhatian sama pacar = sok sakit.

15. kalo kamu mau pergi kesana yaudah pergi aja = jangan pergi dongg!

16. kalo PMS bawaannya ngomel ngomel mulu.

17. kamu jadian ya sama dia? selamat ya:) = kenapa harus dia sih? kenapa gak gue aja?

18. suka merhatiin pacar/gebetannya dr jauh,tp pas diliatin balik lgsg pura2 ga ngeliat.

19. Itu cewek cantik juga yah = jangan bilang iya!

20. cewe paling gengsi minta tolong ma cowo,lebih baik cowo yg nawarin duluan.

21. lo lagi apa,lagi dimana? = bisa jemput gak?

22. sibuk ya lo? = lo kemane aje sih, ga tau apa gue kangen??

23. ga suka cowo kurang ajar.

24. aduh, tiba tiba kenyang deh = cari makanan lain yuk?

25. suka nangis kl denger lagu2 yg sesuai dgn suasana hatinya .

26. tidur dulu ya, ngantuk nih = bujuk gue supaya gue ga tidur dan bisa telfonan sama lo.

27. wanita butuh pengertian dan kasih sayang!

28. bisa bicarain yang lain gak? = gue lagi gak pengen ngebahas ini!

29. kalo cewek lagi sedih pasti cewe selalu berusaha buat ga keluarin air mata, walaupun susah banget.

30. eh lo lagi ngapain? = bisa bantuin gak?

31. Paling bete kalo pacar udah nglarang2 ga boleh main sm cowo, pdhal cuma skedar tmen,

32. wanita jarang mengungkapkan apa yang sedang dia rasakan.

33. cewek itu cengeng apalagi kalo udah masalah hati.

34. aku gak cemburu kok. aku gapapa = yaiyalah aku cemburu, aku gasuka kamu deket sama dia!

35. kamu berubah = kemana kamu yang dulu?

36. selalu jaga penampilan,sikap dan tingkah laku kalo lagi sama gebetan.

37. SILAHKAN AJA = gue ga setuju!

38. ga suka kalo gebetan/pacar ngomongin cewek lain,hati panas.

39. yaudah kamu selesain aja dulu tugasmu = sebenernya aku masih pengen smsan/BBMan.

40. bagi wanita satu sapaan ramah “hai” telah cukup membuat harinya terasa berwarna.

41. Wanita sangat membenci pria yang mendekatinya hanya untuk mengincar orang dekatnya.

42. Kalo lagi bertatap mata sama gebetan pasti jadi salting trus nunduk.

43. wanita tidak mudah menerima perasaan dari sembarang pria.

44. when said ‘its okay’. it means ‘hey its a big problem’

45. 75persen wanita itu cemburuan.

46. mending lu putusin gue dari pada cinta lu tuh BOHONG.

47. terserah kamu aja = gue gak mau yang itu.

48. kalo lagi berantem sama pacar bisanya cuma diem dan nangis.

49. iya aku ngerti kok = memahami.

50. Udah tidur belum? = masih pingin smsan/bbm-an.

51. kalau pacarannya udah lama bgt kalau putus susah bgt buat move on.

52. aku gak marah kok = udah tau nanya!

53. oh gitu ya? = aku tau itu cuma alasan kamu.

54. ada perasaan seneng gimana gitu kalo udah bisa ngalahin saingan😛

55. salam kenal ya sm cewe baru lo = jealous abis.

56. kebanyakan cewek suka sama cowok yang bisa olahraga/ main musik.

57. oh itu ya cewe barunya? = cantikan juga gue daripada cewe barunya.

58. saat wanita berkata ingin sendiri,percayalah dia membutuhkanmu ia membutuhkan motivasi darimu.

59. lo berubah ya sekarang = gue kangen lo yang DULU.

60. saat wanita berkata ia sedih tapi ia tidak menangis wanita itu sedang menangis di dalam hatinya.

61. wanita tdk akn mengatakan langsung apa yg dia rasakan,ia menggambarkan perasaanya dengan sikap.

62. Bila seorang cewek bilang dia baik-baik saja setelah kamu menyakitinya dia bohong!!

63. gue capek banget! = tanyain dong gue ngapain aja.

64. “kamu mau yang ini apa yg itu?” “dua-duanya bagus,aku bingung”= beliin dua duanya aja sekalian :p

65. cewek gak suka cowok yang ingkar janji.

66. 90 % wanita bisa membaca maksud dari orang yg disayangi.

67. gue bakal berusaha lupain dia = sebenernya sih gue masih belum bisa ngelupain dia.

68. Benci kalo si pacar ngungkit masalah kebaikan nya sang mantan.

69. saat wanita tidak menjawab pertanyaanmu ia menjawab dihatinya

70.whatever! = marah

71. cewe paling sebel kalo cowok ngmng kangen tp ga ada usaha buat ketemu

72. Yaudahlah kerjain tugas kamu aja dulu kalo udh selesai kabarin aku yah = hhhhh sok sibuk lau..:P

73. wanita akan berdiri tegar meski pasangannya telah menyakitinya berulang kali.

74. wanita paling susah untuk mengendalikan emosinya.

75. sorry gue ga punya pulsa = minta ditelpon/dismsin kalo bisa beliin.

76.  hatinya sangat lembut , sekalinya disakitin itu bakal sakit banget.

77. rata-rata cewek marah banget kalo cowoknya curhat sama cewek lain.

78. lebih nyaman dicintai daripada mencintai.

79. kalo cewe udah punya cowo baru pasti dikenalin ke semua temennya.

80. wanita menginginkan pria yang penuh dengan kejutan dan memiliki inisiatif tinggi.

81. mood cewek bisa berubah-ubah dalam hitungan menit.

82. lo sayang ga sama gue? = mau nguji gombalan lo.

83. gak ah ntar ada yang marah lagi = mau liat reaksi lo dan jawaban lo.

84. Paling benci sama cowok yang sok iye.

85. wanita menginginkan perdamaian bukan pertikaian, putus bukan brarti musuh

86.sebagian wanita menganggap punya shbt pria itu menyenangkan, tapi resiko terbesar adalah jadi cinta.

87.sebenernya pacaran gak bakal terasa tanpa berantem.

88.paling benci abis putus aib’a di bongkar.

89.seneng kalo uda deket sm keluarga besar pacar.

90.kamu masih lama ya? = buruan dong, BT tau…

91.paling sebel klo cowo, ga bsa ngatur waktunya bwat pacar ma temen2nya.

92.benci sama cwok yg cuma mandang dari fisik.

93.paling suka di kasih kata-kata mutiara , bikin nge-fly gitu .

94.wanita menangis bukan karna ingin mengeluarkan senjata terampuhnya tetapi senjata terakhirnya.

95.faktanya wanita itu suka memendam perasaan dihatinya.

96.suka ngayal nikah sama org yg di sayanginya skrg.

97.saat wanita berkata dia tidak membutuhkanmu percayalah sesungguhnya dia sangat butuh.

98.gampang bgt digombalin!

99.cewek kalo udah sedih selalu ngajak temen2 nya buat ikutan sedih *gatau kenapa*

100. Dan yang terakhir cintailah dan sayangilah pasangan lo dengan SETULUS HATI.🙂

Asam Sulfat

Nama saya Wahyu Wijayanto, saat ini saya mengambil program studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran. Sebagai seorang calon sarjana kelautan saya harus tahu apa saja komponen air laut itu. Disini saya akan membahas tentang komponen – komponen kimia pada air laut, khususnya tentang senyawa sulfat.
Pengertian kimia laut itu sendiri…
Pengertian dari kimia laut itu sendiri adalah ilmu mengenai kimia samudera dan interaksi kimianya dengan atmosfer atau bisa diartikan ilmu yang mempelajari tentang susunan zat – zat kimia dan reaksi zat – zat tersebut dilaut. Didalam kimia laut ini terbagi menjadi 3 yaitu, kelompok mayor elemen, minor elemen, dan trace elemen ( elemen langka ).
1. Mayor Elemen terdiri dari :
Kloride, Sodium , Senyawa Sulfat, Magnesium, Kalsium, Potasium
2. Minor Elemen terdiri dari :
Bromide, Strontium, Iodine, Boron, Silicone, Fluoride
3. Trace Elemen ( Elemen Langka ) terdiri dari :
Molybdenum, Lithium, Barium, Vanadium, Nickel, Chromium, Aluminium, Copper, Zinc, Manganese, Iron, Cadmium, Lead, Cobalt, Silver, Titanium.
Asam sulfat, H2SO4, merupakan asam mineral (anorganik) yang kuat. Zat ini larut dalam air pada semua perbandingan. Asam sulfat mempunyai banyak kegunaan dan merupakan salah satu produk utama industri kimia. Kegunaan utamanya termasuk pemprosesan bijih mineral, sintesis kimia, pemrosesan air limbah dan pengilangan minyak.
Pengaruh terhadap alam sekitar…
Sulfat berwujud sebagai zat mikroskopik ( aerosol ) hasil dari pembakaran bahan bakar fosil dan biomassa. Apa yang dihasilkan menambah keasaman atmosfer dan mengakibatkan hujan asam.

Sifat dari asam sulfat :
Rumus molekul : H2SO4
Massa molar : 98,08 g/mol
Densitas : 1,84 g/cm3, cair
Viskositas : 26,7 cP (20 °C)
cairan bening, tak berwarna, tak berbau
Ciri – cirinya :
Kebanyakan sulfat sangat larut dalam air. Kecuali dalam kalsium sulfat, stronsium sulfat dan barium sulfat, yang tak larut. Barium sulfat sangat berguna dalam analisis gravimetri sulfat: penambahanbarium klorida pada suatu larutan yang mengandung ion sulfat. Kelihatan endapan putih, yaitu barium sulfat menunjukkan adanya anion sulfat.
Ion sulfat bisa menjadi satu ligan menghubungkan mana – mana satu dengan oksigen (monodentat) atau dua oksigen sebagai kelat atau jembatan. Contoh ialah molekul logam netral kompleks PtSO4P(C6H5)32, di mana ion sulfat berperan sebagai ligan bidentat. Ikatan oksigen-logam dalam molekul sulfat kompleks mempunyai ciri kovalen.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sulfat
http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_sulfat
http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia

Resume Ekologi Laut Tropis ( Evolusi, SP & SS, Faktor Pembatas )

Evolusi adalah suatu ilmu biologi yang mendeskripsikan tentang perubahan pada sifat-sifat suatu kumpulan organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Suksesi
Perkembangan ekosistem menuju kedewasaan dan keseimbangan dikenal sebagai suksesi ekologis atau suksesi. Suksesi terjadi sebagai akibat dari modifikasi lingkungan fisik dalam komunitas atau ekosistem.
Ada dua macam suksesi, yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder.

Suksesi Primer ( SP )
Suksesi primer terjadi bila komunitas asal terganggu.Suksesi primer terjadi bila komunitas asal terganggu. Gangguan ini mengakibatkan hilangnya komunitas asal tersebut secara total sehingga di tempat komunitas asal terbentuk habitat baru. Gangguan ini dapat terjadi secara alami, misalnya tanah longsor, letusan gunung berapi, endapan Lumpur yang baru di muara sungai, dan endapan pasir di pantai. Gangguan dapat pula karena perbuatan manusia misalnya penambangan timah, batubara, dan minyak bumi. Contoh yang terdapat di Indonesia adalah terbentuknya suksesi di Gunung Krakatau yang pernah meletus pada tahun 1883. Di daerah bekas letusan gunung Krakatau mula-mula muncul pioner berupa lumut kerak (liken) serta tumbuhan lumut yang tahan terhadap penyinaran matahari dan kekeringan. Tumbuhan perintis itu mulai mengadakan pelapukan pada daerah permukaan lahan, sehingga terbentuk tanah sederhana. Bila tumbuhan perintis mati maka akan mengundang datangnya pengurai. Zat yang terbentuk karma aktivitas penguraian bercampur dengan hasil pelapukan lahan membentuk tanah yang lebih kompleks susunannya. Dengan adanya tanah ini, biji yang datang dari luar daerah dapat tumbuh dengan subur. Kemudian rumput yang tahan kekeringan tumbuh. Bersamaan dengan itu tumbuhan herba pun tumbuh menggantikan tanaman pioner dengan menaunginya. Kondisi demikian tidak menjadikan pioner subur tapi sebaliknya.

Sementara itu, rumput dan belukar dengan akarnya yang kuat terns mengadakan pelapukan lahan.Bagian tumbuhan yang mati diuraikan oleh jamur sehingga keadaan tanah menjadi lebih tebal. Kemudian semak tumbuh. Tumbuhan semak menaungi rumput dan belukar maka terjadilah kompetisi. Lama kelamaan semak menjadi dominan kemudian pohon mendesak tumbuhan belukar sehingga terbentuklah hutan. Saat itulah ekosistem disebut mencapai kesetimbangan atau dikatakan ekosistem mencapai klimaks, yakni perubahan yang terjadi sangat kecil sehingga tidak banyak mengubah ekosistem itu

Suksesi Sekunder ( SS )

Suksesi sekunder terjadi bila suatu komunitas mengalami gangguan, balk secara alami maupun buatan. Gangguan tersebut tidak merusak total tempat tumbuh organisme sehingga dalam komunitas tersebut substrat lama dan kehidupan masih ada. Contohnya, gangguan alami misalnya banjir, gelombang taut, kebakaran, angin kencang, dan gangguan buatan seperti penebangan hutan dan pembakaran padang rumput dengan sengaja.

Contoh komunitas yang menimbulkan suksesi di Indonesia antara lain tegalan-tegalan, padang alang-alang, belukar bekas ladang, dan kebun karet yang ditinggalkan tak terurus

Faktor pembatas adalah suatu yang dapat menurunkan tingkat jumlah dan perkembangan suatu ekosistem.

Dikatakan faktor pembatas adalah jika suatu makanan lebih sedikit dari jumlah produsen yang ada atau kurang dari jumlah yang seharusnya ( jumlah seharusnya disini adalah konsumen yang membutuhkan makanan tersebut di suatu ekosistem )

http://poseidon37vivit.blogspot.com/

Sumber :
Kuliah Ekologi Laut Tropis Semester IV Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran
http://www.try4know.co.cc/2010/03/faktor-pembatas-ekosistem.html
http://kambing.ui.ac.id/bebas/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0033%20Bio%201-7d.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Evolusi

hanya tulisan biasa.

Jadikan ejekan,cacian,hinaan,kritikan,cemoohan,atau apapun itu sebagai teman terbaikmu untuk menuju kamu yang lebih baik, karena tidak ada manusia seorangpun yang sempurna di dunia ini. Jadikanlah hari ini lebih baik dari hari kemarin dan jadikanlah disiplin itu sebagai ” Nafas Dan Detak Jantungmu ”
*kamu pasti bisa Wahyu*

” Asam Sulfat ” by : Wahyu Wijayanto 230210090028 :D

Nama saya Wahyu Wijayanto, saat ini saya mengambil program studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran. Sebagai seorang calon sarjana kelautan saya harus tahu apa saja komponen air laut itu. Disini saya akan membahas tentang komponen – komponen kimia pada air laut, khususnya tentang senyawa sulfat.

 

Pengertian kimia laut itu sendiri…

Pengertian dari kimia laut itu sendiri adalah ilmu mengenai kimia samudera dan interaksi kimianya dengan atmosfer atau bisa diartikan ilmu yang mempelajari tentang susunan zat – zat kimia dan reaksi zat – zat tersebut dilaut. Didalam kimia laut ini terbagi menjadi 3 yaitu, kelompok mayor elemen, minor elemen, dan trace elemen ( elemen langka ). 1. Mayor Elemen terdiri dari : Kloride, Sodium , Senyawa Sulfat, Magnesium, Kalsium, Potasium 2. Minor Elemen terdiri dari : Bromide, Strontium, Iodine, Boron, Silicone, Fluoride 3. Trace Elemen ( Elemen Langka ) terdiri dari : Molybdenum, Lithium, Barium, Vanadium, Nickel, Chromium, Aluminium, Copper, Zinc, Manganese, Iron, Cadmium, Lead, Cobalt, Silver, Titanium. Asam sulfat, H2SO4, merupakan asam mineral (anorganik) yang kuat. Zat ini larut dalam air pada semua perbandingan. Asam sulfat mempunyai banyak kegunaan dan merupakan salah satu produk utama industri kimia. Kegunaan utamanya termasuk pemprosesan bijih mineral, sintesis kimia, pemrosesan air limbah dan pengilangan minyak.

Kegunaan Asam Sulfat… Asam sulfat digunakan dalam jumlah yang besar oleh industri besi dan baja untuk menghilangkan oksidasi, karat, dan kerak air sebelum dijual ke industri otomobil. Asam yang telah digunakan sering kali didaur ulang dalam kilang regenerasi asam bekas (Spent Acid Regeneration (SAR) plant). Kilang ini membakar asam bekas dengan gas alam, gas kilang, bahan bakar minyak, ataupun sumber bahan bakar lainnya. Proses pembakaran ini akan menghasilkan gas sulfur dioksida (SO2) dan sulfur trioksida (SO3) yang kemudian digunakan untuk membuat asam sulfat yang “baru”. Asam sulfat juga memiliki berbagai kegunaan di industri kimia. Sebagai contoh, asam sulfat merupakan katalis asam yang umumnya digunakan untuk mengubah sikloheksanonoksim menjadikaprolaktam, yang digunakan untuk membuat nilon. Ia juga digunakan untuk membuat asam klorida dari garam melalui proses Mannheim. Banyak H2SO4 digunakan dalam pengilangan minyak bumi, contohnya sebagai katalis untuk reaksi isobutana dengan isobutilena yang menghasilkan isooktana.  Pengaruh terhadap alam sekitar… Sulfat berwujud sebagai zat mikroskopik ( aerosol ) hasil dari pembakaran bahan bakar fosil dan biomassa. Apa yang dihasilkan menambah keasaman atmosfer dan mengakibatkan hujan asam.

 

Sifat dari asam sulfat :

Rumus molekul : H2SO4

Massa molar : 98,08 g/mol

Densitas : 1,84 g/cm3, cair

Viskositas : 26,7 cP (20 °C)

 

Ciri – cirinya : Kebanyakan sulfat sangat larut dalam air. Kecuali dalam kalsium sulfat, stronsium sulfat dan barium sulfat, yang tak larut. Barium sulfat sangat berguna dalam analisis gravimetri sulfat: penambahanbarium klorida pada suatu larutan yang mengandung ion sulfat. Kelihatan endapan putih, yaitu barium sulfat menunjukkan adanya anion sulfat. Ion sulfat bisa menjadi satu ligan menghubungkan mana – mana satu dengan oksigen (monodentat) atau dua oksigen sebagai kelat atau jembatan. Contoh ialah molekul logam netral kompleks PtSO4P(C6H5)32, di mana ion sulfat berperan sebagai ligan bidentat. Ikatan oksigen-logam dalam molekul sulfat kompleks mempunyai ciri kovalen.

 

Sumber :

Buku Oseanografi Kimia

Rizald Max Rompas

Natalie D.C.Rumampuk

Julius Robert Rompas

http://id.wikipedia.org/wiki/Sulfat

http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_sulfat

http://id.wikipedia.org/wiki/Kimia